Categories
Tekno

Tahap Pembuatan Website pada Pengisian Konten ala NET89

Tahap Pembuatan Website pada Pengisian Konten ala NET89

  1. Isi Konten

PusakaCMS tersusun dari 2 folder utama yaitu sites/ dan system/ dan satu file index.php. Folder system/ berisi semua file sistem pusakaCMS. Sedangkan folder sites/ berisi semua file kebutuhan website seperti konten, konfigurasi dan tema. PusakaCMS sudah dilengkapi dengan feature multisite, yang berartidari satu instalasi PusakaCMS kita dapat membuat banyak website. Setiap website diwakili satu folder di dalam folder sites/. Secara default sudah ada satu folder bernama default/ yang berisi konten untuk website pertama. Karena Anda menggunakan sites Kujang, berarti semua file kebutuhan website kita berada di dalam folder sites/kujang/.

Di dalam folder sites/kujang/ terdapat 4 subfolder, di antaranya config/ yang berisi file konfigurasi website, content/ yang berisi konten website seperti halaman, blog, file gambar dan navigasi, folder themes/ yang berisi tema website kita, dan terakhir folder users/ yang berisi file autentikasi halaman panel admin. Pada langkah-langkah sebelumnya kita sudah bersentuhan dengan folder config/ dan themes/. Sekarang kita akan bergelut dengan folder content/. Di dalam folder content/ terdapat 5 folder konten, diantaranya files/, labels/, navs/, pages/, dan posts/.

Folder files adalah folder tempat kita menyimpan file gambar, dokumen atau lainnya yang ingin ditampilkan di dalam website. Folder labels/ berisi file skema yang isinya daftar post blog yang masuk ke dalam suatu label atau kategori. Folder navs/ berisi skema navigasi atau website seperti website header, sidebar, footer dan sebagainya. Folder pages/ berisi file konten halaman. Satu halaman direpresentasikan oleh satu file. Terakhir folder posts/, berisi semua file konten blog.

Satu file untuk satu post blog. Sebenarnya kita sudah bisa menulis konten dengan membuat file langsung di dalam folder content/. Tapi PusakaCMS juga sudah menyiapkan panel admin agar pengaturan konten menjadi lebih mudah. Untuk masuk ke dalam halaman admin, buka browser dan akses alamat “localhost/pusaka/kujang/panel/”. Anda akan diarahkan ke halaman form login untuk login terlebih dahulu. Masukkan username ‘admin’ dan password ‘password’ ke dalam form login, lalu klik tombol login.

Setelah Anda dialihkan ke halaman panel admin, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengganti username dan password dengan yang lebih aman. Pilih menu Settings > Users. Klik tombol Edit pada baris user admin, maka akan muncul form edit user. Ganti username dan password sesuai keinginan lalu tekan tombol Save Changes. Pada menu panel admin, terdapat menu Content dengan submenu Pages, Posts, dan Media. Menu Pages berisi tampilan daftar halaman website. Menu Posts berisi tampilan daftar post blog. Menu Media berisi tampilan file manager untuk website (lihat gambar bawah).

Sumber : net89.net