Categories
Resep

Nikmatnya Ayam Suwir Honje, Ini Kuncinya

Harumnya daun honje (kecombrang) menjadi kunci kelezatan ayam suwir merek Ibu Ruli ini. Meskipun menggunakan merek dari nama sang Ibu, namun pria bernama Noor Al Kautsar (33) inilah yang meroketkan sajian lezat ini. Pria yang akrab disapa Ucay ini memanfaatkan keahlian bibinya, Uwa Rita. “Nah, resep inilah yang diajarkan kepada Ibu saya,” urainya.

Menu inilah yang kerap disajikan di rumah. Saking doyannya, Ucay pun menawarkan kepada teman-temannya. “Wah, ternyata pada suka,” serunya. Ayam suwir ini memang sangat istimewa. Sebagai lauk, ayam suwir dapat disimpan beberapa hari di dalam kulkas.

Baca Juga: Memilih Catering Sehat

Teksturnya kering dengan bumbu yang terserap sempurna. Aroma honje yang khas membuat ayam ini benar-benar tak mudah dilupakan. Kelezatannya ternyata butuh proses yang cukup panjang

“Membuatnya butuh waktu lama, hingga dua hari sampai siap dikirim ke pembeli,” kisah mantan vokalis band indie, Rocket Rockers ini.

Setelah mengungkep ayam bersama bumbu hingga empuk, ayam masih diolah lagi, yakni dibakar, lalu disuwir. Setelah itu, ayam dimasak kembali dengan bumbu honje.

“Kami juga menggunakan 2 jenis bawang merah, yakni yang biasa dan jenis Sumenep agar aromanya lebih sedap,” tambahnya lagi. Kombinasi bumbu rujak honje jadi rahasia lezatnya dapur Ayam

Suwir Ibu Ruli ini. Ayam honje ditawarkan dengan harga Rp 38 ribu dalam kemasan 200 gram. Ada tiga rasa yang bisa Anda coba, yaitu original, pedas, dan ekstra pedas. “Pilihan ekstra pedas paling laku di pasaran,” terang Ucay.

Ucay pertama kali menjualnya di kalangan teman-teman dekatnya. Lamalama ia mulai mencari pasar yang lebih luas dengan cara memasarkannya ke kafe maupun restoran di sekitaran Bandung.

Ucay menerapkan pola kerjasama yang unik. Bukan dengan sistem konsinyasi atau menitip produk secara langsung. Ia meminta pemilik kafe atau kedai untuk memasukkan ayam suwir ini ke dalam daftar menu mereka, untuk dijual bersama nasi hangat. Cara ini terbilang ampuh. Banyak pembeli mulai mengenal ayam suwir honje dan bisa menikmati langsung di beberapa tempat.

Lalu pembeli juga banyak yang memesan langsung dalam kemasan vakum untuk dibawa ke luar kota hingga ke luar negeri, seperti saat naik haji maupun liburan. Cara menikmatinya praktis saja, bisa dikukus, atau dipanaskan dalam wajan. “Pokoknya praktis dan dijamin ketagihan,” promosi Ucay bersemangat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *