Categories
Parenting

Menjadi Ayah Luar Biasa Bagian 2

Lalu, bagaimana solusinya agar para ayah ini bisa memperlihatkan peran aktif nya dalam pengasuhan anak? Di negara-negara besar dan maju banyak dibangun institusi pendukung keluarga (Family Assistance) yang melakukan intervensi terhadap pengasuhan oleh para ayah, dengan inisiatif-inisiatif berikut. 1. Memberikan pelatihan keterampilan parenting, antara lain bagaimana cara dan teknik mendisiplinkan dan memandirikan anak. 2. Memberikan cara untuk bisa memanfaatkan atau menerapkan hasil pelatihan ke terampilan baru ke anak-anak mereka. 3. Meningkatkan pemahaman para ayah akan perkembangan anak. 4. Meningkatkan komitmen para ayah untuk konsisten dalam menyediakan dukungan baik finansial/materi dan non-finansial kepada anakanaknya.

Sementara di Indonesia, menurut Della, para ayah bisa diajak (syukur-syukur mau proaktif) datang ke sesi-sesi parenting. Pada hal satu itu, alangkah baiknya dipilih yang santai saja dan membuat para ayah merasa diadili. Selain itu, bisa juga mencari ahli parenting yang juga seorang ayah sehing ga memiliki chemistry sama. “Namun pengalaman saya, para ayah akan tetap suka datang ke seminar, meski pem bicaranya ibu-ibu asalkan pilihan kata-kata dan ilustrasi kasus disampaikan secara ‘logis’ sehingga membuat mereka lebih yakin akan hasilnya,” jelas Della.

Dampak Yang Positif Keterlibatan Ayah

dalam perkembangan emosi anak khususnya anak laki-laki. Dan tanpa disadari hasil belajar pun menjadi lebih baik. Jadi bukan karena papa ‘secara gender’ memiliki cara atau kekhasan dalam mengajari anak sehingga kognitifnya lebih berkembang atau IQ anak menjadi lebih tinggi.” Menurut Hawkins, Christian sen, Sargent & Hill juga Pedersen, (1985) para ayah memiliki ba nyak referensi pengalaman yang akan menumbuhkan “sense of generativity” atau kesadaran dan kepekaan seseorang terkait memelihara, menumbuhkembangkan, dan menghidupi generasi penerus pada saat seorang anak mulai menginjak dewasa. Artinya, kelak ayah menjadi “sumber pengetahuan” (narasumber) yang paling berpotensi memberikan banyak masukan pada anak sebelum mereka siap meng ambil tanggung jawab untuk berumah tangga dan berketurunan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *