Categories
News

Inspirasi, 3 Kebudayaan Negara Jerman yang Patut Untuk Kita Tiru

Pernahkah anda menonton sebuah video youtube yang memberikan perbandingan di jalan raya ketika sebuah mobil ambulans lewat? Nah, salah satu video yang ditampilkan adalah video ketika sebuah ambulans melewati sebuah jalan raya besar di Jerman.

Karena Jerman merupakan sebuah negara maju dan industri yang sudah cukup mapan. Termasuk kebudayaan negera Jerman yang modernitas juga sangat mudah ditemukan dalam masyarakat dan negara jerman.

Baca Juga: Tips Membeli Nasi Box

Di dalam video tersebut anda pasti bisa melihat bahwa mobil-mobil di depan ambulans dengan kesadaran sendiri memberikan jalan di tengah-tengah. Agar ambulans yang membawa orang sakit tersebut bisa segera lewat ke rumah sakit. Video juga membandingkan dengan budaya-budaya di negara berkembang semacam india dan indonesia. Dimana banyak yang acuh tak acuh dan membiarkan ambulans terjebak ke dalam kemacetan.

Nah, kebudayaan negara Jerman dan budaya masyarakat maju biasanya terbentuk karena mereka telah berpengalaman bertahun-tahun dalam menata masyarakat. Agar terbentuk struktur yang adil, melindungi seluruh masyarakat dan tidak bertentangan dengan hak asasi manusia. Coba anda bandingkan dengan negara berkembang seperti kita di Indonesia. Pastinya akan sangat jauh berbeda.

Masyarakat Jerman Dikenal Dengan Slogan “Made In Germany”

Nah, bagi anda yang ingin studi ke Jerman. Atau melakukan pemagangan di Jerman, kunjungan bisnis, atau kunjungan wisata. Anda harus perhatikan beberapa kebudayaan negara Jerman yang berbeda dengan kebudayaan negara Indonesia. Pemahaman ini diperlukan agar anda tidak terkena penyakit budaya (atau biasa disebut dengan culture shock). atau dalam kajian budaya disebut dengan gegar budaya. Gegar budaya biasanya menimbulkan ketidaknyamana, merasa inferior dan putus asa dalam bersosialisasi dengan orang jerman.

Berikut beberapa kebudayan masyarakat dan negara Jerman yang perlu anda ketahui. Dalam sistem masyarakat jerman dikenal slogan “made in germany”. slogan ini biasanya digunakan dalam menyebut industri jerman yang sangat terkenal luar biasa. Ribuan perusahaan besar hidup dan tumbuh di Jerman dengan berkembang pesat. Mulai dari industri bahan kimia, ototmotif hingga penerbangan. Selain itu, slogan ini juga digunakan untuk menandai bahwa produksi jerman memang berkualitas tinggi.

Inspirasi, 3 Kebudayaan Negara Jerman yang Patut Untuk Kita Tiru

Selain itu, dalam ranah budaya. Made in germany juga bisa disebut kualitas budaya masyarakat Jerman di beberapa hal sangat positif dan meemberikan inspirasi bagi banyak negara sehingga sangat patut untuk ditiru dan berikut ini adalah ulasannya:

1. Tepat Waktu

Kebudayaan negara Jerman yang paling utama adalah “on time” atau tepat waktu. Jika anda perhatikan jadwal kereta, subway, kereta bawah tanah, trem, pesawat hingga kapal di jerman sangat presisi dalam soal waktu.

Jadi jangan bayangkan dengan di di indonesia yang bisa dinego. Jika anda menggunakan transportasi di jerman. Pastikan anda sudah mengetahui jadwalnya dengan tepat. Selain itu, ketika anda sedang berjanji dengan seseorang di suatu tempat. Datanglah tepat waktu, atau 5 menit lebih awal dari janji yang telah dibuat. Masyarakat jerman sangat disiplin dan mengikuti aturan.

2. Gemar membaca dan mengedepankan kualitas hidup

Kebudayaan negara Jerman yang selanjutnya adalah banyak masyarakat Jerman gemar membaca buku dan mengedepankan kualitas hidup sehat.

Dan banyak masyarakat jerman yang menghabiskan waktu di trem, kereta bawah tanah dan kendaraan umum sambil membaca buku. Kebiasaan ini menyumbang tingkat literasi yang lumayan tinggi.

Selain itu, mengedepankan kualitas hidup bisa diukur bahwa orang jerman jika bekerja. Dia akan bekerja sepenuh hati. Nah, ketika tiba jadwal istirahat atau liburan. Mereka akan gunakna jadwal istirahat dan libur secara maksimal juga.

3. Penuh dedeikasi

Budaya negara Jerman selanjutnya adalah penuh dedikasi. Produk-produk yang dihasilkan industri jerman selalu mengedepankan keselataman bagi manusia. Hal itu karena desain produk yang dikerjakan selalu mengedepankan dedikasi untuk masa depan agar pengguna produk bisa menjadi konsumen loyal.