Categories
News

Gereja Ayam Sudah Seabad Menjadi Saksi Sejarah Bagian 3

Dipenuhi Filosofi Di Sana-Sini

Bangunan religi dan simbolsimbol penuh flosof, merupakan 2 hal yang saling bertautan erat. Khususnya, bangunan-bangunan religi tua yang masih bertahan hingga kini. Gereja Ayam pun demikian. Lambang ayam yang bertengger di atas kubah gereja, merupakan salah satunya.

Menurut Louis, ayam merupakan salah satu pengingat tentang penyangkalan terhadap Yesus Kristus, yang dilakukan oleh salah satu muridnya, Petrus. “Makanya, ayam itu mengingatkan kita, bahwa setiap manusia pasti memiliki masalah masing-masing, tapi jangan sampai kita menyangkal Yesus Kristus,” ucap Louis. Selain lambang ayam, kumpulan 6 lingkaran yang berada di tengah fasad gereja ini pun menyimbolkan banyak hal.

Sebagai contohnya adalah gambar merpati yang merupakan perlambang roh Kudus; gambar jangkar yang menyimbolkan iman yang kuat; serta gambar perahu yang berarti adanya goncangan dalam menghadapi kehidupan. Jadi, untuk menyambut hari Natal nan damai ini, tak ada salahnya bila Anda berkunjung ke gereja penuh sejarah ini, bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *