Categories
News

Berakhirnya kebebasan di Internet?

EME masih mendapat penolakan dari organissasi yang berjuang untuk Internet yang sifatnya terbuka, seperti Electronic Frontier Foundation dan Mozilla. Mereka beragumen bahwa suatu content decryption module seharusnya bisa diterapkan secara selektif untuk memblokir content agar prinsip keterbukaan Internet tetap berlaku. Adapun pengembang Firefox mengeluhkan terbatasnya akses ke dalam CDM. Mereka lagi tidak mengetahui risiko keamanan apa yang mungkin terjadi di dalamnya.

Selain itu, tidak seperti plug-in Flash, pengguna juga tidak dapat meng-uninstall decryption module. Pendukung EME berdalih bahwa pengguna (peselancar Internet) justru akan lebih dipermudah karena tidak lagi harus dicemaskan dengan valid tidaknya content atau film tersebut. Selain itu, Microsoft pun tidak lagi mengembangkan Silverlight (alternatif Adobe Flash). Netflix masih mendukungnya bagi pengguna yang tidak memakai browser yang kompatibel dengan EME (lihat tabel).

Pada masa mendatang, pemain utama di layanan streaming akan memerlukan sistem lainnya. Flash player tidak lagi memadai karena berbagai jejak rekamnya dalam masalah keamanan. Masalah ini pula yang perlu dihindari mobile OS dengan tidak mengadopsinya sama sekali. Netflix yang sangat mendominasi layanan media streaming di AS dan sebagain negara maju lainnya, akhirnya “memaksa” Mozilla untuk turut mendukung EME pada browser Firefox.

Firefox akan menerima CDM dari Adobe, yang diperlakukan sebagai layaknya sebuah “black box” yang mengirimkan encrypted-video ke modul, dan dilepas dari modul dalam sebuah bentuk yang telah di-decrypt dan di-decode. Sebuah sandbox dipakai untuk meminimalisir masalah sekuriti dengan membungkus kode eksekusi dari Adobe CDM. Kompromi Mozilla telah menjadi pertanda runtuhnya salah satu perlawanan besar terhadap penerapan DRM via EME. Bahkan Apple juga bakal segera mendukungnya pada Mac OS X terbaru. Selajutnya, Internet pun akan terasa lebih bersifat komersial!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *